Pages

Thursday, May 24, 2012

TUGAS 2: Wawancara Imaginer


1.      Sebuah penelitian yang dilakukan secara random mengindikasikan adanya kandungan                   berbahaya dalam susu “Milkies” produksi perusahaan anda. Bagaimana perusahaan anda  menanggapi ini?
Perusahaan akan dengan cepat dan segera mungkin mencari kabar- kabar yang telah beredar di masyarakat untuk mengklarifikasi kabar ini.

2.      Langkah – langkah yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi hal ini adalah:
a.       Memanggil para ahli yang benar- benar terpercaya untuk menguji secara detail kandungan dari produk susu Milkies ini, misalnya parah ahli laboratorium, BPOM. Agar terlihat jelas kandungan apa saja yang berbahaya dan mana yang tidak. Apabila benar teruji ada bahan yang berbahaya. Segera menarik produk yang beredar di masyarakat. Tetapi apabila bahan yang digunakan aman. Segera secepat mungkin mengadakan mediasi kepada masyarakat. Agar masyarakat tidak secara cepat mengambil kesimpulan sendiri.
b.      Mencari informasi sebanyak- banyaknya tentang berita yang beredar di masyarakat. Mencek dan ricek semua media.
c.       Memanggil semua media masa untuk datang pada acara pers converence untuk mengkonfirmasi  tanggapan masyarakat terhadap produk Milkies. Membawa turut serta para ahli yang sudah terpercaya untuk memberitahukan kandungan yang terdapat pada susu ini. Membuat suasana cair, santai, tidak menegang pada saat converensi pers. Memberikan keleluasaan untuk media menanyakan atau memberi tanggapan pada saat pers converense berlangsung.
d.      Setelah acara pers converense selesai, memastikan berita di semua media massa bahwa tidak ada yang memanipulasi data atau membuat berita yang tidak tepat mengenai produk Milkies ini.

3.      Pertanggungjawaban yang dilakukan oleh perusahaan:
a.       Meriset dan mendata mana saja masyarakat yang menggunakan produk susu Milkies, apakah ada masyarakat yang merasa dirugikan atau mendapat dampak yang kurang baik akibat mengkonsumsi produk susu Milkies.
b.      Mengganti rugi biaya atau dalam bentuk apapun apabila ada korban yang merasa dirugikan.
c.       Memberikan asuransi kesehatan berjangka kepada para korban. Tetapi dalam asuransi ini yang bisa memakainya hanyalah konsumen yang terbukti sakit karena mengkonsumsi produk Milkies.
d.      Menarik semua produk lama yang beredar di masyarakat dan mengganti dengan yang baru. Yang benar- benar sudah teruji keamanannya.

4.      Jaminan yang diberikan perusahaan agar konsumen dapat aman memproduksi produk:
a.       Mencantumkan logo halal, dsb dalam kemasan.
b.      Mencantumkan kode perusahaan, kode produksi, tanggal expired, dsb. Agar konsumen dapat tau apakah produk layak dikonsumsi atau tidak.
c.       Menyediakan stand konsultasi konsumen di mal- mal atau tempat lainnya yang mudah di jangkau oleh masyarakat. Di stand ini masyarakat dapat menyalurkan keluhannya, mencari apa yang dibutuhkan, dan mendapat penanganan apabila ada yang mengalami kerugian.
d.      Membuat kotak saran atau media complain bagi masyarakat. Costumer  service yang ada setiap saat untuk melayani (via telepon maupun sms).
e.       Selalu mengupgrade aktifitas perusahaan di website perusahaan. Pada web ini juga masyarakat dapat memberikan suaranya, keluhan, maupun pendapat  melalui email secara gratis dan disaat kapanpun.

5.       Langkah yang dilakukan untuk meyakinkan masyarakat untuk kembali memakai produk:
a.       Mengadakan acara- acara kegiatan sosial di masyarakat, acara minum susu Milkies bersama, acara olahraga, acara hiburan, dll. Untuk menjalin kembali hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat. Pada saat acara inipun diadakan pembuktian atau demo test tentang kandungan yang ada di susu Milkies ini oleh para pakar kesehatan (misalnya oleh BPOM).
b.      Membuat kemasan baru pada produk. Mencantumkan detail tentang kandungan dan bahan yang digunakan untuk membuat susu Milkies ini. Mencantumkan label halal, dsb. Untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk ini aman.
c.       Membuat cetakan dual bahasa pada kemasan produk  (misalnya bahasa Indonesia dan Inggris) mengantisipasi konsumen dari mancanegara.
d.      Membuat iklan baru di televisi yang berisi tentang pengolahan dan cara pembuatan susu milkies dari tahap awal sampai akhir. Dibuat dari susu sapi alami. Menggunakan alat dan bahan yang steril. Membuktikan kepada khalayak bahwa bahan dan alat yang digunakan adalah steril, sehat, dan tidak mengandung zat berbahaya. Membuat cuplikan pakar kesehatan yang membuktikan bahwa bahan yang digunakan dalam susu Milkies ini aman dan tidak berbahaya.
Membuat juga cuplikan yang berisi tentang pentingnya peran susu bagi kesehatan kita. Terutama bagi anak. Anak yang aktif, sehat, tumbuh dengan sempurna dengan meminum susu Milkies.

No comments:

Post a Comment